Share To

Minggu, 20 Februari 2011

Cara Mencegah Kehamilan

Pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali pasangan muda yang sudah berstatus sebagai suami istri menunda untuk memiliki momongan.
Alasan mereka menunda untuk memiliki momongan tersebut beragam. Ada yang memang merasa belum memiliki persiapan secara materi dan moril. Ada pula yang masih ingin menikmati masa-masa pacaran setelah menikah. Dan ada yang memang menganggap pernikahannya tersebut masih terlalu dini sehingga merasa perlu untuk menunda memiliki momongan.

Cara untuk menunda memiliki momongan tersebut tentunya dengan mencegah kehamilan. Ya, biasanya para pasangan muda yang sudah menikah sepakat untuk menunda kehamilan karena alasan-alasan yang telah dituliskan di atas.

Tidak salah memang bila ingin menunda momongan dengan mencegah kehamilan. Bukan berarti tidak sayang anak, namun sesungguhnya anak adalah titipan dan amanah yang wajib dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Bila memang masih merasa belum siap, mengapa pula harus dipaksakan.

Cara mencegah kehamilan tentunya tidak sembarangan karena kalau sembarangan malah akan berakibat fatal di kemudian hari. Cara mencegah kehamilan yang sembarangan bisa menyebabkan kondisi rahim kering dan malah tidak bisa memiliki anak selamanya. Maka dari itu pemilihan cara mencegah kehamilan harus selektif.

Berikut ini adalah tips atau cara mencegah kehamilan yang mungkin bisa dicoba oleh pasangan muda, yaitu:

1. Alat kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB adalah salah satu cara mencegah kehamilan. Yang paling popular dari jenis alat-alat kontrasepsi adalah pil KB. Untuk itu, jangan sembarangan dalam memilih pil KB. Sebaiknya pilihlah pil KB yang benar-benar aman dan tidak menimbulkan efek samping. Jangan hanya melihat harganya saja yang murah, namun lihatlah kandungan dan efek samping yang ditimbulkannya. Kalau perlu, mahal sedikit tak menjadi masalah asalkan aman.

2. Mengetahui masa subur
Informasi mengenai kapan masa subur itu sangat penting. Biasanya bila pada saat masa subur pasangan tersebut berhubungan maka kemungkinan besar akan terjadi pembuahan. Namun bila hubungan suami istri dilakukan tidak pada saat masa subur, maka kemungkinan besar kehamilanpun tidak akan terjadi. Mengetahui masa subur adalah cara mencegah kehamilan alamiah tanpa obat. Yang diperlukan adalah informasi tentang kapan masa subur seorang wanita, itu saja. Dan tentunya setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

3. Memperhatikan posisi pada saat berhubungan
Memperhatikan posisi pada saat berhubungan juga bisa dijadikan salah satu cara mencegak kehamilan. Biasanya posisi berdiri memungkinkan si wanita untuk tidak hamil.

Selain cara mencegah kehamilan yang telah dituliskan di atas, cara mencegah kehamilan lainnya adalah dengan minum ramuan. Namun, cara ini tidak dibenarkan dan sebaiknya tidak dilakukan, karena bisa berefek samping yang sangat fatal di kemudian hari.

Bila memang pasangan yang sudah menikah masih ingin menunda untuk memiliki momongan, maka sebaiknya mereka memilih cara mencegah kehamilan yang paling aman dan relative berefek samping kecil. Sehingga bila di kemudian hari mereka ingin memiliki momongan maka tidak akan terlalu sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar