Share To

Minggu, 20 Februari 2011

Mitos dalam kehamilan

.... Tanya ....
Bu, aku dengar-dengar kata orang, termasuk mitos tidak ya? katanya kalau lagi hamil suka makan sayur-sayuran artinya bakal anaknya perempuan, sebaliknya kalau suka makan daging-dagingan artinya bakal anaknya laki-laki. Kira-kira benar tidak ya? Waktu kehamilan pertama memang aku suka sekali sayuran. Bisa tiap hari minta dimasakkan bayam bening tinggal divariasikan dengan jagung pipil, atau wortel, dan lain-lain, sekali makan juga habis 2 porsi. Pada akhirnya lahiran anakku memang perempuan.

Nah kehamilan kedua ini, aku sepertinya lebih suka daging. Hampir tiap hari menuku daging (dari ayam sampai kambing padahal sebelum hamil aku tidak suka daging kambing). Walaupun sayur juga tetap mau dimakan. Jadi terbentuk opini di otakku bakal anakku adalah laki-laki. Sehingga timbul pertanyaan, apakah betul seperti yang dikatakan orang adalah seperti itu. Tapi ini baru trisemester pertama masa sudah mulai menunjukkan gejala seperti itu (suka daging maksudnya).

Sedangkan kehamilan pertama aku baru mulai suka sayuran kira-kira trisemester 2 hampir trisemester 3 kalau tidak salah. Ada yang tahu tidak bu? sekedar sharing saja buat aku. Laki-laki atau perempuan sama saja dan aku juga tidak penasaran bakal laki-laki atau perempuan anakku nant.

.... Jawab ....
Kalau makan sayur atau dagingnya ketika sudah hamil, sepertinya tidak pengaruh ke jenis kelamin. Soalnya, ketika sperma “jadian” sama sel telur itu, sudah langsung terbentuk jenis kelamin, tergantung sperma yang jadian itu sperma XX atau XY. Kalau yang aku dengar makanan si bapak yang turut mempengaruhi produksi sperma, entah mitos atau tidak, kalau sebelum hamil si bapaknya itu sering makan sayuran, kemungkinan cewek lebih besar, sebaliknya kalau sering makan daging, kemungkinan cowok lebih besar.

Wah, kalau aku lebih percaya kalau itu cuma mitos mbak. Habisnya aku juga tidak tahu apa benar ada hubungannya jenis makanan yang kita konsumsi dengan jenis kelamin anak, dari segi kedokteran misalnya. Kalau seandainya seperti yang dialami mbak, sewaktu hamil pertama suka sayur terus lahir anak cewek, menurutku hanya sebuah kebetulan belaka.

Tapi aku jadi ingat, sewaktu dulu hamilku masuk usia empat bulan, aku suka sekali makan sate kambing, terus ibu yang jual sate bilang kalau nanti anakku pasti cowok, soalnya beberapa pelanggan dia yang lagi hamil dan suka makan sate anaknya cowok semua. Terus omongan dia terbukti, anakku cowok betul. Tapi aku tak tahu apa benar ini karena aku suka makan daging (dalam hal ini sate kambing), aku sendiri tidak menghubungkan kejadian ini, kuanggap kebetulan saja.

Setuju mbak An, suami temanku seorang vegeatarian, tapi 3 anaknya cowok semua, baru-baru ini baru dapat cewek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar