Share To

Sabtu, 05 Maret 2011

Gizi Buruk VS Gizi Lebih

gizi
Kota Surabaya bukanlah kota yang terbebas dari masalah kurang tercapainya kesejahteraan masyarakat. Sebagai contoh adalah masalah kesehatan seperti gizi buruk. Kasus gizi buruk atau yang juga biasa disebut sebagai malnutrisi masih sering meramaikan masalah kesehatan termasuk di Kota Surabaya. Menurut seorang ahli gizi dari Puskemas Kalirungkut Trisniningati,Amd.Gz, gizi buruk dapat dibagi menjadi dua, yaitu marasmus dan kwashiorkor.

Adapun gizi buruk jenis marasmus biasanya ditandai dengan perut yang membuncit, rambut mudah rontok, dan kedua kaki membengkak. Sedangkan gizi buruk jenis kwashiorkor biasanya paling sering ditandai dengan warna rambut yang memerah dan mudah rontok, serta tanda lain yang juga sering ditunjukkan gizi buruk jenis kwashiorkor adalah jika kulit tubuh ditekan maka kulit akan sulit dan lama untuk kembali seperti semula. Trisniningati,Amd.Gz, juga menuturkan bahwa dari beberapa kasus gizi buruk yang sering terjadi, paling banyak dialami oleh anak yang berasal dari keluarga yang merupakan warga urban.

Adapun faktor yang mempengaruhinya antara lain kompleksnya masalah ekonomi, sosial dan politik yang mempengaruhi tingkat daya beli orang tua untuk bahan makanan yang bergizi, tingkat pendidikan dan pengetahuan orang tua. Dalam jangka panjang hal ini juga mempengaruhi pola asuh orang tua pada anaknya.

Akan tetapi di kota besar seperti Surabaya ini, gizi buruk bukan satu – satunya masalah gizi yang sering dialami anak – anak, masih ada satu lagi masalah kesehatan yang kini mulai banyak muncul di kalangan anak – anak yang tumbuh di daerah perkotaan, yaitu gizi lebih. jika pada anak yang mengalami gizi buruk tubuhnya tampak kurus dan hanya perutnya yang membuncit, maka lain halnya dengan gizi lebih. pada kasus gizi lebih, tubuh anak akan nampak gemuk dan pipi yang bulat.

Mungkin banyak orang yang akan mengatakan bahwa anak yang gemuk terlihat lucu, namun jika gemuknya dikarenakan gizi lebih atau obesitas maka itu sama saja dengan penyakit yang tentunya akan merugikan dan tidak baik bagi kesehatan anak. Gizi lebih atau obesitas pada anak harus segera diatasi, karena jika kondisi tersebut dibiarkan sampai anak tumbuh dewasa maka akan sulit untuk disembuhkan.|Kiatsehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar