Share To

Selasa, 06 November 2012

Kiat Berbelanja Cerdas

BELANJA - Selalu pusing saat menghitung pengeluaran bulanan Anda? Itu tandanya Anda belum berbelanja dengan cerdas supaya pengeluaran tetap terkendali.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi pengeluaran berlebihan seperti yang dikutip dari Sheknows.

Kiat Berbelanja Cerdas
1. Membuat Daftar Pengeluaran
Bagaimana pengeluaran bisa berjalan sesuai keinginan jika Anda tidak membuat daftarnya? Sebelum berbelanja, buatlah daftar belanjaan yang pasti. Hal ini juga akan mengurangi risiko ada barang-barang yang terlupa.

2. Patuh Pada Daftar
Tak ada gunanya daftar belanja dibuat jika Anda melanggarnya. Patuhilah daftar tersebut, dan jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena diskon yang menggiurkan.

3. Kreatif
Tak perlu membeli semua daftar belanja Anda di tempat yang sama. Mungkin saja di toko lain Anda bisa mendapatkannya dengan lebih murah. Namun jangan lupa juga memperhitungkan ongkos perjalanan, misalnya uang taksi, atau bensin. Jangan-jangan jika dihitung-hitung, hasilnya sama saja atau lebih mahal. Berpikirlah sekreatif mungkin.

4. Kebutuhan Vs Keinginan
Untuk berbelanja cerdas, Anda harus tahu batasan yang jelas antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai membuat pandangan yang bias. Tentu saja kebutuhan harus selalu diutamakan, namun jika memiliki simpanan yang lebih, tak ada salahnya memanjakan diri dengan memenuhi keinginan.

Selamat berbelanja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar