Share To

Minggu, 16 Desember 2012

LASIK, Metode Penyembuhan Mata Rabun

Lasik
LASIK, Metode Penyembuhan Mata Rabun

Tanya :
Mata saya minus 5,5 kanan dan kiri, sudah pakai kacamata selama kurang lebih 10 tahun dan ingin dinormalkan dengan Lasik. Yang ingin saya tanyakan, metode Lasik itu seperti apa prosesnya dan berapa biayanya? Adakah efek samping dari metode lasik? Dan setelah di-Lasik, apakah mata akan normal terus atau bisa kembali minus?

Naya, 20 tahun

Jawab :

Hai, Naya.
Metode LASIK (laser in-situ keratomileusis) adalah suatu tindakan operasi untuk memperbaiki penglihatan pada orang dengan rabun jauh atau pun dekat. Prosedurnya adalah dengan menggunakan alat laser atau sejenis pisau untuk merubah bentuk kornea, sehingga akhirnya cahaya dapat terfokus masuk ke retina.

dr. Alan GoniUntuk biaya, saya tidak dapat menyebutkan angka pasti. Di beberapa center di Jakarta, biaya berkisar hingga 10 juta rupiah untuk setiap mata, sehingga estimasi untuk kedua mata adalah 20 juta rupiah.

Efek sampingnya biasanya adalah rasa tidak nyaman pada mata pada 1-2 hari setelah operasi. Efek samping lain yang jarang, misalnya mata kering, kesulitan untuk mengemudi di waktu malam.

Setiap tindakan medis tentunya mengandung risiko. Pada LASIK, sekitar 90% pasien akan mendapat penglihatan yang diinginkan. Metode ini juga hanya menimbulkan rasa nyeri yang sedikit dan tidak ada jahitan yang diperlukan. Umumnya, kebanyakan pasien mengalami penurunan signifikan pada pemakaian kacamata dan bahkan banyak pasien tidak memerlukan penggunaan kacamata sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar