Share To

Senin, 28 Februari 2011

Membentuk Anak yang Penurut

Pastilah menyenangkan memiliki anak-anak yang selalu menuruti keinginan orangtua, tidak membantah dan bahkan mau membantu mengurangi kesibukan atau beban orang tua

Mungkin Anda iri melihat anak kolega Anda yang begitu penurut saat diberitahu oleh orangtuanya. Dia segera melaksanakan apa yang dianjurkan orangtuanya tanpa membantah atau beradu argumen panjang terlebih dahulu. Berbeda dengan anak-anak Anda, alih-alih mendengarkan Anda bicara, mereka malah melengos pergi dan tak memperdulikan perkataan Anda.

Tak mudah memang membuat anak-anak mematuhi semua perintah atau peraturan yang Anda buat. Padahal, semua yang Anda lakukan pastilah untuk kebaikan dan bekal hidup mereka kelak. Akan tetapi memiliki anak yang cenderung suka “ngeyel” bukanlah akhir dari dunia. Semua itu pastilah bermula dari pola asuh Anda. Simak tips berikut.

1. Jadilah orang tua yang sempurna.
Bila Anda menginginkan anak yang sempurna maka jadilah orang tua yang sempurna, kira-kira seperti itulah. Karena pada kenyataannya, anak pasti mencontoh perilaku orangtuanya sebagai orang terdekat.

2. Lakukan dengan cara yang baik.
Saat hendak menyuruh sesuatu pada anak, lakukanlah dengan cara yang baik dan santun. Misalnya dengan kata tolong, bantuin mama atau papa dong, dan sebagainya.

3. Berikan pujian pada anak jika anak telah melakukan sesuatu hal yang baik.
Anak akan senang kalau dipuji dan merasa bahwa apa yang dilakukannya telah menyenangkan orang tua.

4. Buat agar kegiatan yang diberikan pada anak jadi menyenangkan.
Misalnya dengan mengajak anak merapikan mainan sambil bermain atau bernyanyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar